Selasa, 27 Juli 2010

Gaya Hidup Kini Menjerumuskan Kesehatan Anak

Michelle Obama terus melakukan kampanye untuk memerangi obesitas atau kegemukan pada anak. Wanita pertama AS itu prihatin gaya hidup sekarang yang menjerumuskan kesehatan anak yang bisa merusak masa depan. Epidemi obesitas ini terjadi akibat terlalu banyak anak yang mengonsumsi makanan cepat saji, minuman dengan kadar gula tinggi serta terlalu sering menonton televisi atau kurang aktivitas fisik.

Hal ini diungkapkan Michelle pada konvensi nasional National Association for the Advancement of Coloured People's (NAACP) di Kansas City sebagai kampanye 'Let's Move' untuk memerangi obesitas pada anak. Michelle menuturkan masyarakat memiliki tantangan tersendiri dalam hal menghadapi obesitas pada anak, karena kini buah-buahan dan sayuran segar sering tidak tersedia di daerah perkotaan yang miskin.

"Di sekolah anak-anak telah istirahat dua kali sehari dan kelas olahraga dua kali dalam seminggu, meskipun anak-anak suka atau tidak. Ketika tiba di rumah, orangtua harus membuat anak-anaknya bangun dan bermain di luar, bukan berbaring di rumah menonton televisi," ujar Michelle Obama, seperti dikutip dari smh.com.au, Selasa (13/7/2010).

Perempuan berusia 46 tahun ini mengungkapkan saat masa pertumbuhan dulu, keluarganya jarang sekali makan di luar dan terbiasa untuk makan bersama dengan keluarga.

"Kami akan makan apapun yang disajikan untuk kami. Ibu saya tidak peduli apakah saya dan kakak menyukai apa yang ada di piring atau tidak. Sehingga kami akan makan apa yang ada di piring atau kami tidak makan," ungkapnya.

Tapi anak-anak saat ini terlalu banyak menghabiskan waktu di toko serba ada yang mana anak-anak bisa mendapatkan makanan dan minuman dengan nilai kalori mencapai 350 kalori. Dengan kalori yang tinggi itu terkadang anak-anak mengonsumsinya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Michelle menyebut ini telah menjadi badai yang sempurna dari kebiasaan buruk dan pilihan yang tidak sehat. Gaya hidup seperti ini menurutnya, telah menjerumuskan anak-anak pada kesehatan yang buruk seumur hidupnya dan merusak segala upaya yang telah dibangun untuk masa depan yang lebih baik.

Kampanye 'Let's Move' menekankan pemberian label makanan yang lebih baik di restoran, meningkatkan kualitas makanan di sekolah-sekolah, mendorong anak untuk mendapatkan aktivitas fisik yang lebih banyak serta menyediakan sayuran dan buah-buahn segar yang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Helen Pierce, delegasi NAACP dari Fayetteville, Carolina Utara mengungkapkan pidato Michelle adalah peringatan bagi orang-orang yang masih muda dan juga untuk orangtua agar peduli terhadap kesehatan anak-anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar